Beranda > Uncategorized > TEKNOLOGI EVDO CDMA

TEKNOLOGI EVDO CDMA

Teknologi Evdo adalah teknologi terbaru dari CDMA, setara dengan 3,5G nya GSM. Teknologi ini telah berkembang sejak EVDO Revisi 0, dan saat ini yang sedang booming adalah Evdo Revisi A dengan kecepatan sekitar 5 Mbps, perkembangan berikut nya adalah Evdo Revisi B sudah mulai diluncurkan  dengan kecepatan sekitar 7 Mbps yang kemampuannya mengolah sinyal multi media lebih baik, seperti halnya video streaming.

Untuk produk Evdo Rev.A, beberapa provider telah gunakan, diantaranya MOBI dengan harga 765 ribu dan 650 ribu,  sedang SMART main di haraga 888 ribu.

Pilihan lainnya yang agak lumayan bagus dari produk MOBI adalah PANTECH PX500 dengan kecepatan 2,5 Mbps,  untuk yang ini system nya Inject(non RUIM) bentuknya seperti bungkus rokok tapi tipis ada antena kecil tegak, dan beberapa pakar unlocker sudah mampu untuk di rubah menjadi sinyal EVDO Rev.A, dengan menggunakan PRL smart, harga nya kisaran 550 ribu(agak murah bisa di unlock ke EVDO).  Selajnutnya MOBI Pantech yang sekarang beredar dijual dengan harga 499  yang bekerja pada keceptan 153 bps, 2.5 Mbps dan 3.1.

Kesimpulannya bahwa untuk saat ini pengguna internet mau tidak mau harus berpindah pada  teknologi Evdo dan patut dipertimbangkan, karena untuk kecepatan reguler yang 153 bps harus banyak kesabaran saat browsing , dimana kendala kecepatan makin lambat seperti dahulu pada dialup dan GPRS, terutama pada siang hari kelambatan itu sangat terasa sekali.

Jangkauan Smart  EVDO untuk wilayah Jabodetabek sudah tersedia, tapi untuk Bandung belum maksimal,  jadi bila gunakan smart Evdo di Bandung hanya dapat kecepatan reguler 153 kb, tapi untuk MOBI  jangkauannya sudah tersedia.

Permasalahan kecepatan menjadi kendala utama,  karena peningkatan pengguna internet akhir-akhir ini.  Yang mempengaruhi kwalitas internet adalah kecepatan(speed) dan Bandwith (lebar sinyal pita pembawa arus data). Speed dan bandwith saling mempengaruhi dalam hasil akhir pada kecepatan browsing. Dengan meningkatnya para pengguna internet, kecepatan berapapun akan menjadi pengaruh dan kendala, tergantung dari system jaringan tranmisi yang dibangun.

Penambahan system jaringan diharapkan memenuhi kebutuhan pasar pengguna internet, karena perkembangan teknologi yang makin canggih harus dibarengi dengan tersedianya system jaringan yang baik agar tidak terjadi crash dan krodit karena banyak nya pengguna, bila hal itu terjadi maka menikmati perkembangan teknologi akan sia sia, karena terjadi penurunan kecepatan misalnya, penggunaan yang melebihi quota jaringan dsb.

Mengenai tarif  internet hal inipun tidak bisa di abaikan dalam mengambil kebijakan, persaingan tarif yang makin gencar menjadi daya tarik pengguna internet untuk memilih provider mana yang dianggap baik, demikain pula service yang diberikan, misalnya tarif dengan paket harian, mingguan, dan bulanan, juga tarif  flat, menjadi pilihan kemudahan bagi pelanggan.

Tarif yang makin murah adalah impian bagi para pengguna internet, bila dahulu Telkom dengan produk “Telkom Instan” melalui jaringan telepon, tarif perjam bisa mencapai 20 ribu, selanjutnya masih juga dengan produk SPEEDE nya dengan desktop modem adalah perkembangan yang lebih baik dari pada menggunakan Telkomnet Instan. Dengan Speede para pelaggan bisa internetan juga jalur telepon tidak terganggu, serta paket tarif yang semakin relatif murah terutama untuk usaha warnet.

Untuk saat ini dimana teknologi internet telah berkembang pesat terutama CDMA menjadi pilihan yang cukup baik, selain perkembangan teknologinya yang makin pesat hingga menyamai GSM 3,5 G, juga karena tarif nya yang makin murah untuk 3500 rupiah bisa internetan seharian dengan kecepatan reguler 153 bps.

Kesimpulannya adalah Teknologi EVDO memang menjadi pilihan satu-satunya dari  system CDMA, yang layak di apresiasi oleh masyarakat Indonesia dalam menikmati dunia maya.  Dengan meningkatnya penguna internet, maka hal ini akan memacu penyedia layan untuk mengembangkan dan memenuhi permintaan pasar. Mampukah para pelaku bisnis berkompetisi dalam persaingan teknologi, tarif dan layanan ?, maka waktu yang akan menjawab hingga 2012. !!!

Mengapa Tahun 2012 ??, ………..tahun tsb adalah merupakan lepas landas di era milenium menuju kemajuan teknologi digital yang makin canggih, meninggalkan teknologi analog  yang hampir kiamat, menuju suatu jaman dimana aqal fikiran manusia dan alam kehidupannya telah menyentuh Milenium Style.

Masyarakat selaku konsumen harus banyak pertimbangan dalam memilih dan membeli produk sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya, sebab saking cepatnya perkembangan aqal fikiran manusia milenium, maka cepat pula segala sesuatu menjadi usang dan ketinggalan jaman.  So…pertimbangan adalah suatu kebijakan dalam bertindak.

Kategori:Uncategorized
  1. 15 Desember 2009 pukul 02:35

    banyak belajar nih Pak saya 😀

    • olads
      15 Desember 2009 pukul 06:05

      Oya Mas Tomi selamat datang di blog saya, ini Mas Tomy yang sering ke Blog Nya Mas Sabda ya.

      Trims salam milenium

  2. 27 Januari 2010 pukul 15:41

    salam kenal pak……lagi ngumpulin duit bwat beli evdo smart

    • 27 Januari 2010 pukul 15:50

      Oh Mas Ton…..salam kenal kembali , sepertinya saya sering lihat di Rumah nya Mas Sabda. Trims atas kunjungan nya, semoga cepet kebeli tuh evdonya biar agak kenceng larinya, he.. he.

  3. 6 Februari 2010 pukul 14:25

    o iya mas olads punya pesbuk ndak ya…..ntar kalo punya kita bisa chat bareng diskusi ngalor ngidul

    • 6 Februari 2010 pukul 15:02

      wah sayang …maston…sya nggak punya pesbuk tuh, inginnya sih gitu…chating kayak di php, tapi ngak tahu caranya, coba usulin ke mas sabda bikin php, biar bisa saling quote, soalnya memang bisa bebas ngalor ngidul, dengan postingan yang macem-macem.

      Tapi perlu juga sih…ntar dipikirin caranya.

  4. 6 Februari 2010 pukul 15:55

    maksud saya punya akun pesbuk mas……ternyata asik juga lho saya aja baru daptar ketemu dengan kawan2 spiritual yg jarang update spt santri gundul, hadi wirojati dll….tapi kalo mas sabda jarang online keknya……

    • 6 Februari 2010 pukul 16:27

      Oh ya mas , ni saya sedang coba buat akun psbuk nya, ntar kalo dah jadi ta’ kabari ya….

  5. 7 Februari 2010 pukul 10:56

    Maston Yth.

    Dah ada nih akun pesbuk saya “Olads”

    tapi belum tahu tuh cara pake nya, tolong kontak ya…

  6. kivandanu
    25 Februari 2010 pukul 21:59

    BUNG OLADS.
    SALAM KENAL
    DITUNGGU ARTIKEL BERIKUTNYA. YANG BERHUBUNGAN DENGAN OPREX TEKNOLOGI. KAYA ARTIKEL DIATAS.
    LIAT BLOG SAYA : http://bablashot.blogspot.com
    http://facebook.com/hotbiz

    • 11 Maret 2010 pukul 12:02

      Oke Bung Kivan……..salam kenal kembali, saya dah baca postingan coment anda di blog ttg “setan dan roro kidul”.

      Tentang teknologi CDMA nanti saya cari ide dulu, sekarang ini internet masih stag pada persaingan tarif dan teknologi yang ada, mungkin yad adalah perkembangan EVDO REV.B dipasaran, namun sayang nya provider di indonesia masih terfokus ke bisnis saja, sementara quota pemakai jasa internet terus meningkat yang harus di imbangi oleh sarana yang memadai.

      Akal-akalan pelaku bisnis internet sekarang adalah memotong kecepatan dan bandwidth reguler yang 153 KB dalam tradisi CDMA menjadi 60 KB. Keputusan selanjutnya ada ditangan konsumen.
      Makalah oprek teknologi selanjutnya mungkin saya akan bahas tentang komputerisasi, sedang dalam penyusunan.

      Trims perkenalannya
      Salam sejahtera

  7. O'on
    31 Agustus 2010 pukul 00:23

    Permisi,
    FYI, saya telah mencoba tawaran EVDO Rev.A Smart yg cukup terjangkau harganya, cukup inovatif serta masih & mudah2an terus unlimited tanpa embel2 quota, sampai beli dua SIM cardnya, satu untuk paket platinum (bulanan), satunya lagi untuk beli KETENGAN yg ultimate, karena terkadang butuh IP public yg hanya tersedia pada ultimate dgn harga lebih mahal walaupun kecepatan di lokasi saya sama saja dgn paket platinum yg lebih murah.
    Menggunakan IP public tanpa proteksi bisa berisiko (pada modem tidak ada firewall), tapi 18rb sehari cukup berharga krn yg terpenting saya bisa mengakses file yg tak mungkin dilakukan dgn paket platinum.
    Jadi jika kecepatan yg diperoleh sama saja, maka paket Platinum lebih aman serta lebih murah, selama ini yg saya dapatkan dari dua jenis layanan Platinum dan Ultimate, kecepatannya SELALU KURANG dari 1Mbps (download), 128Kbps (upload), kondisi signal (yg tercantum pada CE100 dialer) antara 80-100%.
    Overall,..ya apa boleh buat untuk tidak tergiur slogan up to 3.1 Mbps.

    • Olads
      31 Agustus 2010 pukul 00:46

      Trims Mas Oón atas penjelasannya.

      Memang teknologi Evdo terletak pada kemampuan teknologi pada perangkat modem nya dengan kemampuan pita lebar, sehingga diharapkan mampu membawa informasi data lebih banyak dan cepat seperti hal nya 3G nya GSM.

      Namun kembali kepada provider nya sebagai penyedia layanan, apakah mereka mampu memenuhi kebutuhan itu, seperti halnya tersedianya infra struktur EVDO pada setiap wilayah di Indonesia dengan kekamampuan dan fasilitas yang memadai tentunya, serta service yang memuaskan pelanggan.

      Pada akhirnya perang tarif dengan provider lainnya terjadi persaingan yang ketat untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin. Tetapi maklum namanya juga “Indonesia” yang selalu
      identik dengan berbagai kendala, dan pada kahirnya beban tsb kembali lagi kepada para pelanggan. Seperti hal nya quota yang kurang memadai terutama pada-waktu-waktu padat, maka akan terjadi penurunan speed maupun bandwith, sehingga realisasi kemampuan teknologi canggih Evdo tak pernah mampu mencapai klimaks untuk dinikmati.

      Akal-akalan para provider itu sudah pasti akan memangkas speed dan bandwith untuk diseimbangkan dengan pelanggan lainnya. Apalagi kalau permasalahannya sudah ke system, maka berbagai kendala secara teknis mapun rasa kecewa menjadi bagian dari kenikmatan itu.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan komentar